Sabtu, 26 Agustus 2017

IKLAN SIRUP MARJAN



Nama               : Mita Dwi Rizki
NPM               : 1524010038
Kelas               : A24
Mata Kuliah    : Pemasaran Agribisnis


IKLAN SIRUP MARJAN 2015
 MERANCANG PESAN

I.       Isi Pesan
a.       Imbauan Rasional
Ada beberapa hal menarik tentang iklan televisi Sirup Marjan 2015 dengan tema ramadhan yang makin besar frekuensi penayangannya seminggu lebih menjelang bulan ramadhan di berbagai stasiun TV terutama saat prime time dan slot waktu lain dimana pemirsa masih menyisakan perhatiannya sambil mengerjakan hal lain. Dalam hal ini iklan Sirup Marjan menggunakan strategi seasonal marketing, Hal yang menarik lainnya adalah iklan televisi Sirup Marjan dibuat dalam bentuk cerita bersambung (bagian1,2 dan 3) bertema ramadhan hingga lebaran dan dibuat sebagai ‘pemanasan’ di mana kehadiran iklan Marjan yang secara konsisten hadir menyambut datangnya bulan ramadhan.

b.      Imbauan Emosional
Pada Iklan Sirup Marjan ini memiliki nilai positif, yaitu mengisahkan bakat terpendam seorang pemain takraw perempuan. Takraw umumnya dimainkan oleh kaum laki-laki, dan ini tidak biasa. Ayahnya juga kurang suka dengan kegemaran anaknya tersebut. Seiring waktu ayahnya menyadari bahwa anaknya memang berbakat dalam bermain sepak takraw walaupun dia seorang aanak perempuan. Dan ketika lebaran tiba dia diperbolehkan untuk lomba bermain takraw walaupun awalnya dia diejek karena dia seorang perempuan tetapi akhirnya dia memenangkan perlombaan itu. Sekeluarga sangat bahagia melihat kemenangan anaknya itu khususnya ayahnya kemudian mereka pun meminum segelas Sirup Marjan dan tertawa bergembira.

c.       Imbauan Normal
Iklan Sirup Marjan ini menunjukkan bahwa sirup tersebut baik karena tujuan iklan sirup marjan ini adalah untuk memupuk kreatifitas, melatih ketekunan, percaya diri serta semangat. Mereka berhasil merebut hati konsumen dengan iklan kreatif dan mengedukasi, disinilah kehebatan Sirup Marjan dalam memainkan emosi konsumen setianya.

II.    Struktur Pesan
Ketika iklan sirup lainnya hanya mengiklankan produknya seperti iklan pada umumnya, yaitu iklan berdurasi 15 detik bercerita tentang kegiatan kumpul keluarga sambil minum sirup, atau kegiatan berbuka bersama sambil minum sirup, iklan Marjan justru tampil dengan kemasan yang berbeda. Cerita yang dibawa oleh sirup Marjan sendiri adalah cerita yang sederhana dan memperlihatkan setting, kostum dan dandanan yang kental dengan kehidupan masyarakat indonesia. Hal-hal inilah yang membuat iklan ini mudah diterima masyarakat dan menancap kuat dalam benak mereka. Selain itu pemanfaatan momentum bulan Ramadhan juga menambah spesialnya iklan tersebut. Karena masyarakat Indonesia yang detail dalam melihat keadaan akan menyadari bahwa iklan tersebut akan muncul di bulan Ramadhan dan tanpa disadari mereka akan menunggu cerita apa yang akan dibawakan selanjutnya. Iklan yang bisa menarik hati konsumen dan menancap kuat dalam ingatan mereka dapat dikatakan sebagai iklan yang sukses. Megapa demikian, karena memang itulah tujuan dari iklan, yaitu untuk menarik hati konsumen dan mendapat tempat dalam pikiran mereka. Jika kita simpulakan dari semuanya, kita dapat mengtahui bahwa kesuksesan iklan sirup Marjan dikarenakan, yang pertama adalah konsistensi. Marjan konsisten mengiklanlan produknya hingga sekarang dengan cara yang sama namun tema yang berbeda. Kedua produk yang relevan dan moment yang spesial. Produk bisa dilihat dari kualitas, harga, distribusi, dan ketersediaan produk. Kita hampir bisa menemui sirup Marjan dimana-mana. Mulai dari supermarket hingga warung. Momen yang spesial dilihat dari pemanfaatan momentum Ramadhan untuk gencar mengiklankan produk, hingga iklan itu sendiri menjadi pengingat moment Ramadhan bagi masyarakat. Ketiga adalah penyampaian produk yang membumi dengan target marketnya. Hal ini bisa dilihat dari tampilan visual yang dekat dengan sosial masyarakat Indonesia, efek audio yang menenangkan serta cerita yang sarat makna serta warna sirup yang begitu menonjol sehingga sangat mudah diingat. Yang keempat adalah menimbulkan efek viral. Kesuksesan iklan bisa dilihat dari seberapa banyak iklan atau produk tersebut menjadi perbinacangan masyarakat. Marjan sukses melakukan hal itu dan iklan produk Marjan seperti yang dijelaskan sebelumnya mampu membuat viral sosial media dengan tulisan dan gambar humor. Kesuksesan dari iklan sirup Marjan bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua bagiamana memanfaatkan momentum dan bagaiaman membuat iklan yang bisa menarik hati konsumen dan menancap kuat dalam benak mereka. Usaha Marjan yang konsisten melakukan strategi marketingnya membuahkan hasil dengan menjadi produk sirup dengan penjualan yang terus meningkat hingga saat ini. Kedepannya mungkin Marjan perlu juga untuk mulai gencar mengiklankan produknya di berbagai sosial media. Hal ini dikarenakan sosial media telah menjadi sesuatu yang tidak bisa terlepaskan dari kehidupan masyarakat dan bisa menjadi sebuah ladang iklan yang sangat potensial.

III. Format Pesan
Format pesan iklan Sirup Marjan juga meliputi slogan dan pesan moral.
Slogan Iklan yang pertama : Manisnya marjan, kembalikan keceriaan.
Slogan Iklan yang kedua     : Manisnya marjan segarkan Ramadhan
Slogan Iklan yang ketiga     : Manisnya marjan manisnya kemenangan.
Ø Pesan moral tersirat dari Iklan Sirup Marjan 2015 yaitu untuk menjadi orang sukses kita  harus berjuang dan mengkombinasikan segala yang kita miliki. Kunci utama adalah ketekunan, pantang menyerah, semangat dan selalu memiliki harapan. Meskipun terkadang orang lain selalu meragukan, namun kita harus tetap melakukannya dengan baik.
Ø Cara berkomunikasi dalam iklan tvc berdurasi 15 detik dengan strategi yang direncanakan dengan tepat (relevansinya) lewat tampilan visual (setting tempat, kostum, dandanan karakter/persepsi talen sesuai dengan tema), efek audio membuat otak rileks (siap) menerima pesan serta komunikasi verbal yang sarat makna. Kesemuanya itu memberi efek asosiasi agar ingat pada produk yang dikampanyekan berikut pesan yang disampaikan. Strategi pemilihan setting tema seperti aktifitas/kegiatan sosial masyarakat Indonesia yang menyentuh sampai ke tingkat keluarga, membuat iklan ini dapat diterima sebagai sesuatu realita yang ada diantara ruang lingkup masyarkat sosial konsumennya.
Ø Dengan beragam tema settingnya, iklan ini juga tidak lupa menampilkan/menyertakan bentuk visual produk khususnya untuk produk tangible (baik dalam bentuk botol beserta warna sirupnya sebagai varian produknya) sebagai elemen pengingat konsumen saat belanja di depan rak botol sirup yang juga ada produk kompetitor, serta menegaskan brand (brand awareness) dan tagline (message delivery) seperti pada (Iklan Televisi Sirup Marjan 2015 bagian pertama dan dua)
Ø Dengan ciri konteks kegiatan atau aktifitas masyarakat Indonesia sampai lingkup keluarga yang bercengkrama sambil menikmati produk yang dipromosikan. Dengan kreatif penegasan pesan visual melalui setting tempat, kostum dan dengan sosial kemasyarakatan yang berhubungan dengan lanjutan cerita bersambung berikutnya dan dalam hal ini sebelum masuk pada iklan utama (cerita selanjutnya) dengan tema puasa dan berlanjut tema lebaran.

IV. Sumber Pesan
Sumber pesan yang disampaikan pada iklan Sirup Marjan menggunakan para tokoh masyarakat yang mana yang menjadi tokoh utama adalah seorang anak perempuan yang berbakat dalam bermain sepak takraw. Dan tokoh pendukung yang terdiri dari ayah,.ibu serta seorang adik laki-laki yang sedang melakukan aktifitas sehari-hari pada saat bulan Ramadhan hingga Lebaran tiba.

Sumber
Rovy.2016. Analisis Iklan TV Sirup Marjan.http://boices-boybiased.blogspot.co.id/2016/01/analisis-iklan-tv-sirup-marjan.html
Ulya,Anisya.2016. Fenomena Iklan Sirup di Bulan Ramadhan. http://www.kompasiana.com/anisyaulya/fenomena-iklan-sirup-di-bulan-ramadhan_5754ea7d0523bddd06f4a43b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar