Nama :
Mita Dwi Rizki
NPM : 1524010038
NPM : 1524010038
Kelas : A24
Mata Kuliah : Pemasaran Agribisnis
Mata Kuliah : Pemasaran Agribisnis
IKLAN SIRUP MARJAN 2015
MERANCANG PESAN
I. Isi Pesan
a. Imbauan Rasional
Ada beberapa hal menarik tentang
iklan televisi Sirup Marjan 2015 dengan tema ramadhan yang makin besar
frekuensi penayangannya seminggu lebih menjelang bulan ramadhan di berbagai
stasiun TV terutama saat prime time dan slot waktu lain dimana pemirsa masih
menyisakan perhatiannya sambil mengerjakan hal lain. Dalam hal ini iklan Sirup Marjan
menggunakan strategi seasonal marketing, Hal yang menarik lainnya adalah iklan
televisi Sirup Marjan dibuat dalam bentuk cerita bersambung (bagian1,2 dan 3)
bertema ramadhan hingga lebaran dan dibuat sebagai ‘pemanasan’ di mana kehadiran
iklan Marjan yang secara konsisten hadir menyambut datangnya bulan ramadhan.
b. Imbauan Emosional
Pada Iklan
Sirup Marjan ini memiliki nilai positif, yaitu mengisahkan bakat terpendam
seorang pemain takraw perempuan. Takraw umumnya dimainkan oleh kaum laki-laki,
dan ini tidak biasa. Ayahnya juga kurang suka dengan kegemaran anaknya
tersebut. Seiring waktu ayahnya menyadari bahwa anaknya memang berbakat dalam
bermain sepak takraw walaupun dia seorang aanak perempuan. Dan ketika lebaran
tiba dia diperbolehkan untuk lomba bermain takraw walaupun awalnya dia diejek
karena dia seorang perempuan tetapi akhirnya dia memenangkan perlombaan itu. Sekeluarga
sangat bahagia melihat kemenangan anaknya itu khususnya ayahnya kemudian mereka
pun meminum segelas Sirup Marjan dan tertawa bergembira.
c. Imbauan Normal
Iklan Sirup Marjan ini menunjukkan
bahwa sirup tersebut baik karena tujuan iklan
sirup marjan ini adalah untuk memupuk kreatifitas, melatih ketekunan,
percaya diri serta semangat. Mereka berhasil merebut hati konsumen dengan iklan
kreatif dan mengedukasi, disinilah kehebatan Sirup Marjan dalam memainkan emosi
konsumen setianya.
II. Struktur Pesan
Ketika iklan sirup lainnya hanya mengiklankan produknya
seperti iklan pada umumnya, yaitu iklan berdurasi 15 detik bercerita tentang
kegiatan kumpul keluarga sambil minum sirup, atau kegiatan berbuka bersama
sambil minum sirup, iklan Marjan justru tampil dengan kemasan yang berbeda. Cerita
yang dibawa oleh sirup Marjan sendiri adalah cerita yang sederhana dan
memperlihatkan setting, kostum dan dandanan yang kental dengan kehidupan
masyarakat indonesia. Hal-hal inilah yang membuat iklan ini mudah diterima
masyarakat dan menancap kuat dalam benak mereka. Selain itu pemanfaatan
momentum bulan Ramadhan juga menambah spesialnya iklan tersebut. Karena
masyarakat Indonesia yang detail dalam melihat keadaan akan menyadari bahwa
iklan tersebut akan muncul di bulan Ramadhan dan tanpa disadari mereka akan
menunggu cerita apa yang akan dibawakan selanjutnya. Iklan yang bisa menarik
hati konsumen dan menancap kuat dalam ingatan mereka dapat dikatakan sebagai
iklan yang sukses. Megapa demikian, karena memang itulah tujuan dari iklan,
yaitu untuk menarik hati konsumen dan mendapat tempat dalam pikiran mereka. Jika
kita simpulakan dari semuanya, kita dapat mengtahui bahwa kesuksesan iklan
sirup Marjan dikarenakan, yang pertama adalah konsistensi. Marjan konsisten
mengiklanlan produknya hingga sekarang dengan cara yang sama namun tema yang
berbeda. Kedua produk yang relevan dan moment yang spesial. Produk bisa dilihat
dari kualitas, harga, distribusi, dan ketersediaan produk. Kita hampir bisa
menemui sirup Marjan dimana-mana. Mulai dari supermarket hingga warung. Momen
yang spesial dilihat dari pemanfaatan momentum Ramadhan untuk gencar
mengiklankan produk, hingga iklan itu sendiri menjadi pengingat moment Ramadhan
bagi masyarakat. Ketiga adalah penyampaian produk yang membumi dengan target
marketnya. Hal ini bisa dilihat dari tampilan visual yang dekat dengan sosial
masyarakat Indonesia, efek audio yang menenangkan serta cerita yang sarat makna
serta warna sirup yang begitu menonjol sehingga sangat mudah diingat. Yang
keempat adalah menimbulkan efek viral. Kesuksesan iklan bisa dilihat dari
seberapa banyak iklan atau produk tersebut menjadi perbinacangan masyarakat.
Marjan sukses melakukan hal itu dan iklan produk Marjan seperti yang dijelaskan
sebelumnya mampu membuat viral sosial media dengan tulisan dan gambar humor.
Kesuksesan dari iklan sirup Marjan bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua
bagiamana memanfaatkan momentum dan bagaiaman membuat iklan yang bisa menarik
hati konsumen dan menancap kuat dalam benak mereka. Usaha Marjan yang konsisten
melakukan strategi marketingnya membuahkan hasil dengan menjadi produk sirup
dengan penjualan yang terus meningkat hingga saat ini. Kedepannya mungkin
Marjan perlu juga untuk mulai gencar mengiklankan produknya di berbagai sosial
media. Hal ini dikarenakan sosial media telah menjadi sesuatu yang tidak bisa
terlepaskan dari kehidupan masyarakat dan bisa menjadi sebuah ladang iklan yang
sangat potensial.
III. Format Pesan
Format pesan iklan Sirup Marjan juga meliputi slogan dan pesan
moral.
Slogan Iklan yang pertama : Manisnya marjan, kembalikan
keceriaan.
Slogan Iklan yang kedua : Manisnya marjan segarkan Ramadhan
Slogan Iklan yang ketiga : Manisnya marjan manisnya kemenangan.
Ø Pesan
moral tersirat dari Iklan Sirup Marjan 2015 yaitu untuk menjadi orang sukses kita harus berjuang dan mengkombinasikan segala
yang kita miliki. Kunci utama adalah ketekunan, pantang menyerah, semangat dan
selalu memiliki harapan. Meskipun terkadang orang lain selalu meragukan, namun
kita harus tetap melakukannya dengan baik.
Ø Cara berkomunikasi dalam iklan tvc
berdurasi 15 detik dengan strategi yang direncanakan dengan tepat
(relevansinya) lewat tampilan visual (setting tempat, kostum, dandanan karakter/persepsi
talen sesuai dengan tema), efek audio membuat otak rileks (siap) menerima pesan
serta komunikasi verbal yang sarat makna. Kesemuanya itu memberi efek asosiasi
agar ingat pada produk yang dikampanyekan berikut pesan yang disampaikan.
Strategi pemilihan setting tema seperti aktifitas/kegiatan sosial masyarakat
Indonesia yang menyentuh sampai ke tingkat keluarga, membuat iklan ini dapat
diterima sebagai sesuatu realita yang ada diantara ruang lingkup masyarkat
sosial konsumennya.
Ø Dengan beragam tema settingnya,
iklan ini juga tidak lupa menampilkan/menyertakan bentuk visual produk
khususnya untuk produk tangible (baik dalam bentuk botol beserta warna sirupnya
sebagai varian produknya) sebagai elemen pengingat konsumen saat belanja di
depan rak botol sirup yang juga ada produk kompetitor, serta menegaskan brand
(brand awareness) dan tagline (message delivery) seperti pada (Iklan Televisi
Sirup Marjan 2015 bagian pertama dan dua)
Ø Dengan ciri konteks kegiatan atau
aktifitas masyarakat Indonesia sampai lingkup keluarga yang bercengkrama sambil
menikmati produk yang dipromosikan. Dengan kreatif penegasan pesan visual
melalui setting tempat, kostum dan dengan sosial kemasyarakatan yang
berhubungan dengan lanjutan cerita bersambung berikutnya dan dalam hal ini
sebelum masuk pada iklan utama (cerita selanjutnya) dengan tema puasa dan
berlanjut tema lebaran.
IV. Sumber Pesan
Sumber pesan yang disampaikan pada iklan Sirup Marjan
menggunakan para tokoh masyarakat yang mana yang menjadi tokoh utama adalah
seorang anak perempuan yang berbakat dalam bermain sepak takraw. Dan tokoh pendukung
yang terdiri dari ayah,.ibu serta seorang adik laki-laki yang sedang melakukan
aktifitas sehari-hari pada saat bulan Ramadhan hingga Lebaran tiba.
Sumber
Rovy.2016. Analisis Iklan TV
Sirup Marjan.http://boices-boybiased.blogspot.co.id/2016/01/analisis-iklan-tv-sirup-marjan.html
Ulya,Anisya.2016. Fenomena Iklan Sirup di Bulan
Ramadhan. http://www.kompasiana.com/anisyaulya/fenomena-iklan-sirup-di-bulan-ramadhan_5754ea7d0523bddd06f4a43b
Tidak ada komentar:
Posting Komentar